Perlukah Instal antivirus di Android ?


Setelah Kaspersky menemukan virus Android pertama tahun 2010 silam, banyak pengembang yang mulai membuat antivirus versi mobile, khususnya smartphone. Tetapi, seberapa perlukah kita memasang sebuah antivirus di gadget Android?
Salah satu pegawai Google, Chris DiBona, lewat akun Google Plus-nya menyatakan bila keberadaan virus pada smartphone Android terlalu dibesar-besarkan oleh media. Sama seperti virus smartphone Android yang pertama kali ditemukan, Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer.a.
Virus berjenis Trojan yang disebar lewat SMS itu pada dasarnya tidak berbahaya sama sekali. Yang dilakukan oleh virus itu hanya membuat smartphone menginstal sebuah aplikasi media player yang berukuran 13 KB yang juga tidak akan merusak smartphone. Demikian halnya dengan sebagian besar virus smartphone.
Selain itu, Google sejatinya membantu pengguna Android untuk mengamankan smartphone mereka dari virus dengan menyaring aplikasi-aplikasi berbahaya yang ada di Google Play Store. Begitu juga dengan sistem pemasangan aplikasi pada smartphone Android yang sudah dilengkapi dengan fitur pengaman.
Misalnya, saat Anda mencoba memasang sebuah aplikasi dari pihak ketiga atau yang tidak berasal dari Google Play Store pasti smartphone akan secara otomatis memblokirnya. Cara satu-satunya untuk bisa menginstalnya adalah Anda memberikan verifikasi atau izin dari agar aplikasi itu bisa terinstal.
Oleh sebab itu, memasang sebuah antivirus pada smartphone adalah tindakan yang kurang disarankan, terutama bila Anda adalah pengguna yang tidak neko-neko. Karena aplikasi antivirus dapat meningkatkan beban kerja smartphone dan hanya akan memperlambat smartphone apabila tidak pernah digunakan.
Akan tetapi, bila Anda adalah pengguna smartphone Android yang doyan memasang aplikasi pihak ketiga yang tidak diketahui asal usulnya atau dari blackmarket, ada baiknya Anda memasang sebuah antivirus dan melakukan pemindaian virus secara berkala.
sumber : merdeka.com

Comments

Popular posts from this blog

Menambah Memory Internal Android Di Custom Rom CyanogenMod (CM7 CM9 CM10)

GTA San Andreas apk+data untuk android

Ravensword Shadowlands 3D untuk android (armv 7)